Artikel sebelum nya ane sudah sempat mengulas tentang oli ini pada KM 5000an sekarang motor ane sudah menginjak angka KM 6500an yang berarti kurleb pemakaian oli sudah KM 1500an, mungkin ada yang bertanya kok sampai segitu nya menghitung ya karena masih ada servis gratis yang gak boleh kelewat KM nya ya jadi ane harus liatin KM mulu tiap hari , hehehe I Love Free
Langsung aja ke pokok pembahasan, hal yang dilakukan pada persiapan servis
- Membeli oli MSX pada bengkel S 'N D di sekitar jalan baru bogor dengan harga Rp. 51.000/btl ukuran 1 liter
- Menuju bengkel resmi yamaha terdekat (pastinya) hehehe
Pada saat servis ane mengatakan keluhan ane di loket pendaftaran:
- Pemakaian bensin mulai boros bisa di standar in lagi mbak?, dan mbak itu menjawab bisa
- Stater saya agak macet bisa tolong di cek sekalian?, dan mbak itu menjawab lagi bisa
Oke pada step ini ane duduk manis di tempat duduk yang disediakan khusus untuk yang menunggu servis, sembari asik bbm an tibalah saat motor ane di exe, ane langsung berikan oli sesat ane kepada sang mekanik yang akan menangani motor ane, tanpa rasa ragu dia menerima dan langsung di bawa ke dalam bengkel.
Singkat cerita motor ane udah slesai di servis dan si mekanik nya pun berkomentar, "ini motor masih standar banget bos, masalah agak boros kayaknya rider style nya dah", dan ane jawab "ah masa sih bos perasaan ane biasanya aja bawa nya, tapi emang sih semenjak pake nih oli sesat bawaan nya pengen denger
suara mesin, soalnya ane pake helm full face jadinya suara nya kagak kedengeran", si mekanik pun menjawab, "emang ini motor masih alus banget suaranya, tapi awas bos hati-hati kebablasan, terus ada lagi keluhan yang laen nya? buat masalah stater udah ane bersihin jadi lancar lagi" sembari tangan nya menekan tombol stater. Jawab ane "Okelah bos, makasih ya, ntar kalo ada masalah lagi ane kemari lagi", "beres bos" jawab mekanik
Oke saat nya ambil kesimpulan dari 3x ganti oli MSX dan 1x ganti filter oli sejauh ini:
- Suara mesin lebih halus dibanding motor temen ane(sama sama NVL) yang pake oli motor yang notabene nya khusus motor dengan merek Mo**l entah jenis apa yang dipake, yang pasti merk itu.
- Tarikan untuk 500km awal setelah penggantian oli motor paling susah di ajak lari larian aka berat (kondisi baru jalan belum jauh), tapi kalo sudah panas enak aja gak ada masalah (gejala ini sudah dari pergantian pertama kali sampai sekarang, mungkin memang karakteristik oli nya kali)
- Di penggantian ke 2 yang lalu oper gigi ada suara bletak tapi untuk penggantian kali ini tidak ada suara itu (aneh tapi nyata menurut ane yang status nya masih awam dengan motor).
- Dari penggantian 1 sampai ke 3 tidak ada gejala Ngebul yang sering dibicarakan netizen tentang motor NVL ini.
Demikian review ane sampai dengan saat ini, ini semua murni opini ane yang terbentuk dari pengalaman menggunakan NVL selama ini, jika ragu silahkan buktikan sendiri tapi ada keputusan ya ada resiko, sedikit peringatan untuk yang baru akan mencoba oli sesat ini di NVL maupun di NVA silahkan perdalam dulu ilmu nya agar tidak sesat, karena jika sesat salah salah malah motor nya jadi korban aka rusak.
Oke tunggu lanjutannya di review berikutnya di KM 9500an yang pastinya akan ane update disini, so stay tune and keep safety riding!!
Salam 1 aspal
0 komentar:
Posting Komentar