Jakarta - Punya tunggangan Yamaha New V-Ixion Lightning (NVL) yang umurnya sudah 1 tahun, rasanya memang seperti masih baru saja. Apalagi kalau belinya dari baru atau turun langsung dari dealer, pasti tongkrongannya terlihat kinyis-kinyis.
Tapi jangan lantas hal itu membuat kita lengah di urusan mesin. “Umur pakai 1 tahun, ada hal yang mesti diperhatikan di mesin injeki punya NVL,” kata Slamet Kasianon, instruktur Yamaha Technical Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.
Ada 3 hal yang saling terkait dalam mesin injeksi, yang perlu diperhatikan setelah pemakaian 1 tahun. Pertama-tama pria ramah itu, menyebutkan perangkat injektor dan keterangan lebih jelasnya seperti ini.
1. Pada jangka waktu pemakaian tersebut, bisa jadi ada penurunan fungsi kerja injektor. Hal tersebut akibat dari kualitas bahan bakar yang melalui perangka tersebut.
“Ini bukan ada hubungannya dengan jenis bahan bakar yang dipakai. Tapi lebih ke material lain yang menyertai bahan bakar, seperti air yang masuk pada tangki bahan bakar,” ucap Slamet.
2. Masih soal akibat bahan lain yang menyertai bahan bakar, membuat filter pompa bensin kotor. Akibatnya bahan bakar yang masuk volumenya berkurang.
Akibat dari bahan bakar yang kurang, maka performa mesin pastinya terganggu. Hal yang bisa dijadikan patokan adalah saat dihidupkan mesin terasa ndut-ndutan.
3. Filter udara dan oli, jangan lupa juga dilakukan pengecekan. Biasanya kotoran sudah pada menempel pada perangkat-perangkat tersebut.
4. Ruang bakar juga harus dicek and ricek, ketika umur pakai mencapai 1 tahun. Dengan kerak yang kemungkinan besar sudah menempel di kepala piston maupun squise di silinder head, maka performa mesin bisa menurun. Enggak hanya itu, kerak-kerak yang menempel juga membuat boros pemakaian bahan bakar.
5. Di luar urusan mesin, juga ada yang perlu diperhatikan saat NVL memasuki umur pakai 1 tahun. Gir set jangan sampai luput dari pantauan dan kalau memang mata girnya sudah tajam, lakukan penggantian. (motor.otomotifnet.com)
Tapi jangan lantas hal itu membuat kita lengah di urusan mesin. “Umur pakai 1 tahun, ada hal yang mesti diperhatikan di mesin injeki punya NVL,” kata Slamet Kasianon, instruktur Yamaha Technical Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.
Ada 3 hal yang saling terkait dalam mesin injeksi, yang perlu diperhatikan setelah pemakaian 1 tahun. Pertama-tama pria ramah itu, menyebutkan perangkat injektor dan keterangan lebih jelasnya seperti ini.
1. Pada jangka waktu pemakaian tersebut, bisa jadi ada penurunan fungsi kerja injektor. Hal tersebut akibat dari kualitas bahan bakar yang melalui perangka tersebut.
“Ini bukan ada hubungannya dengan jenis bahan bakar yang dipakai. Tapi lebih ke material lain yang menyertai bahan bakar, seperti air yang masuk pada tangki bahan bakar,” ucap Slamet.
2. Masih soal akibat bahan lain yang menyertai bahan bakar, membuat filter pompa bensin kotor. Akibatnya bahan bakar yang masuk volumenya berkurang.
Akibat dari bahan bakar yang kurang, maka performa mesin pastinya terganggu. Hal yang bisa dijadikan patokan adalah saat dihidupkan mesin terasa ndut-ndutan.
3. Filter udara dan oli, jangan lupa juga dilakukan pengecekan. Biasanya kotoran sudah pada menempel pada perangkat-perangkat tersebut.
4. Ruang bakar juga harus dicek and ricek, ketika umur pakai mencapai 1 tahun. Dengan kerak yang kemungkinan besar sudah menempel di kepala piston maupun squise di silinder head, maka performa mesin bisa menurun. Enggak hanya itu, kerak-kerak yang menempel juga membuat boros pemakaian bahan bakar.
5. Di luar urusan mesin, juga ada yang perlu diperhatikan saat NVL memasuki umur pakai 1 tahun. Gir set jangan sampai luput dari pantauan dan kalau memang mata girnya sudah tajam, lakukan penggantian. (motor.otomotifnet.com)
0 komentar:
Posting Komentar